Thursday, July 21, 2011

Kesah Tempe..


Parameter Proses Pengolahan Tempe
Tempe yang masih Mentah

Pengolahan tempe dimulai dari perendaman (soaking). Selama perendaman, terjadi aktivitas bakteri terutama bakteri asam laktat. Pertumbuhan bakteri sangat penting untuk menghasilkan tempe dengan kualitas prima. Pada tahap ini, bakteri asam laktat memproduksi asam organik sehingga dapat menurunkan pH dan menekan bakteri patogen. Bakteri asam laktat juga mampu mengubah konformasi kedelai, sehingga menciptakan kondisi kondusif untuk pertumbuhan jamur yang berperan dalam proses fermentasi dan memberikan kontribusi penting dalam pembentukan flavor tempe. Akhir-akhir ini, banyak industri tempe yang melakukan perendaman lebih lama untuk meningkatkan daya terima tempe.
Cara sederhana untuk mempercepat pertumbuhan bakteri asam laktat selama perendaman adalah dengan proses ‘back slopping’. Proses ini dilakukan dengan menginokulasikan 5% air perendaman terdahulu kedalam air perendaman baru. Jumlah air perendaman ideal adalah 1: 1 (air : kedelai, b/b).
Parameter proses perendaman yang paling penting adalah bahwa jumlah bakteri asam laktat mencapai 107-109 sel/ml. Jumlah bakteri sebanyak itu mampu memberikan kontribusi optimal pada pembentukan flavor tempe. Perubahan tekstur legume menjadi lunak pada tingkat tertentu dan kadar airnya juga merupakan parameter yang harus diperhatikan.
Tahap lain yang merupakan “the most critical point” dalam pengolahan tempe adalah proses fermentasi, meliputi kondisi bahan, kultur, wadah, dan lingkungan. Bahan, dikondisikan sedemikian rupa sehingga cocok untuk ditumbuhi oleh jamurRhizopus oligosporus. Bahan yang telah direndam selama satu malam dan direbus menghasilkan kedelai sedemikian rupa, sehingga lunak, dan menghilangkan “beany flavor”, dengan pH 4,3-5,3. Kondisi kultur adalah mikroorganisme yang memiliki kemampuan menghasilkan tempe dengan kualitas baik, antara lain ditandai dengan pembetukan flavor, vitamin-vitamin, dan peningkatan sifat fisikokimiawi tempe..
Tempe  sesuai di campur pada sebarang masakan..


Di goreng dan cicah sambal kicap..pedas,sedap.

Sate Tempe

Buat sambal campur ikan bilis makan dengan nasi.


   Demikian lah bagi pengemar tempe..semoga dengan ini menaikan semula paras keterujaan kita kepada ini tempe...sedap dan berkhasiat.selamat memasak tempe.

No comments:

Post a Comment